Pages

Rabu, 06 April 2011

Quantum Teaching

Quantum Teaching  dibagi menjadi dua seksi utama konteks (context) dan isi (content). 

Dalam seksi konteks, akan menemukan semua bagian yang dibutuhkan untuk menggubah, yaitu :
Ø Suasana yang memberdayakan
Ø Landasan yang kukuh
Ø Lingkungan yang mendukung
Ø Rancangan belajar yang dinamis
Dalam seksi isi akan menemukan keterampilan penyampaian untuk kurikulum apapun , disamping strategi yang dibutuhkan siswa untuk bertanggungjawab atas apa yang telah mereka pelajari, yaitu :
Ø Penyajian yang prima
Ø Fasilitasi yang luwes
Ø Keterampilan belajar - untuk - belajar
Ø Keterampilan hidup
Quantum Teaching dimaksudkan untuk menjadi sahabat yang siap membantu dalam proses pembelajaran di kelas, dengan menggunakan Prinsip-

to be continued
adalah mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa dan mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang akan bermanfa’at bagi mereka sendiri dan orang lain.
2. Asas Utama
            Quantum Teaching bersandar pada konsep “ Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan antarkan dunia kita ke Dunia mereka”, hal ini merupakan Asas Utama dari Quantum Teaching, yang artinya bahwa betapa pentingnya memasuki dunia murid sebagai langkah awal.  Melalui langkah awal memasuki dunia murid akan memberi ijin untuk memimpin, menuntun dan memudahkan perjalanan mereka menuju kesadaran dan ilmu pengetahuan yang lebih luas.
            MASUKI DUNIA SISWA-SISWA ANDA! Bagaimana Caranya ?
Dengan jalan mengaitkan apa yang diajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan di rumah, sosial, atletik, musik, seni, rekreasi, atau akademis mereka.  Setelah kaitan terbentuk, barulah dapat membawa mereka ke dalam dunia kita, dan memberi mereka pemahaman mengenai isi dunia itu. Disinilah kosakata baru, model mental, rumus dan lain-lain dibeberkan.
            Akhirnya dengan pengertian yang lebih luas dan penguasaan lebih mendalam, siswa dapat membawa apa yang mereka pelajari ke dalam dunia mereka dan menerapkannya pada situasi baru.

3.  Prinsip-prinsip
            Quantum Teaching memiliki lima prinsip, atau kebenaran tetap,  yang mempengaruhi seluruh aspek Quantum Teaching.
Lima  Prinsip tersebut adalah :







v Segalanya Berbicara
Segalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh guru, dari kertas yang guru bagikan hingga rancangan pelajaran guru à semuanya mengirim pesan belajar.

v Segalanya Bertujuan
Segala yang terjadi dalam rangka mengubah sistem pembelajaran kepada siswa hendaknya semuanya mempunyai tujuan.

v Pengalaman sebelum Pemberian Nama
Otak kita berkembang pesat dengan adanya rangsangan kompleks, yang akan menggerakkan rasa ingin tahu. Oleh karena itu, proses belajar paling baik terjadi ketika siswa telah mengalami/menerima informasi sebelum mereka tahu untuk apa yang mereka pelajari itu.

v Akui Setiap Usaha
Belajar mengandung resiko.Belajar berarti melangkah keluar dari kenyamanan. Pada saat siswa mengambil langkah itu, mereka patut mendapat pengakuan atas kecakapan dan kepercayaan diri mereka.

v Jika Layak Dipelajari, Maka Layak Pula Dirayakan
Perayaan adalah  sarapan pelajar juara. Perayaan memberikan umpan balik mengenai kemajuan dan peningkatan asosiasi emosi positif dengan belajar.

0 komentar:

Posting Komentar